Minggu, 29 April 2018

Blog

NAMA  : FAKHRURROZI
                KRISNA ARDIYANSAH

KELAS : X TKJ1

TAANGGAL  :  30-04-2018
JOB KE 2
JUDUL
NILAI



1.      Jelaskan perbedaan fungsi write dan writlen output program?
2.      Sebutkan dan berikan contoh oprator yg digunakan pada pascal dan berikan contoh pemakaian salam program?
3.      Sebutkan pengertian dari input,variable,dan type data serta berikan contohnya?
4.      Apa yg dimaksud algoritma sehuensial dan buat contoh algoritma dan flowcartnya?
5.      Aapa yg dimaksud dengan algoritma perulangan dan berikan contoh beserta flowcartnya?
6.       Buat sebuah flowcart untuk menyatakan lulus dan tidak lulus siswa jika memperoleh nilai antara 60-100 maka siswa dinyatakan lulu algoritma:
Nilai siswa akan diuji pada kondisi 1 terlebih dahulu kemudian kondisi 2 diuji hasil dari kondisi 1 dan kondisi 2 akan dikombinasikan sesuai dengan table kebenaran jika menggunakan AND maka kedua kondisi tersebut harus bernilai TRUE untuk menghasulkan
nilai TRUE

JAWAB
1.      1. WRITE
Perintah write digunakan untuk menuliskan output, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada akhir output yang ditampilkan pada baris yang sama. Write tidak menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama.

Syntax :
write(’yang akan dituliskan’);
write(variabel);
write(‘tulisan, variabel);
Contoh program:
Listing Program 1.1
program nothelloworld;
begin
write(‘not a hello world’);
end.
2.WRITELN
Perintah writeln digunakan untuk menuliskan output, dengan posisi cursor – penunjuk aktif, terletak pada awal baris berikutnya. Writeln menambahkan CR setelah menampilkan data semua argument. Writeln digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya. Argumen perintah writeln boleh berupa ekspresi. Contoh perintah penyajian writeln(‘Luas = ‘, luasPSP); bisa dikerjakan dengan perintah: writeln(‘Luas = ‘, panjangPSP * lebarPSP);

Syntax :
writeln(’yang akan dituliskan’);
write(variabel);
write(‘tulisan, variabel);
Contoh program:
Listing Program 1.2
program nothelloworld;
begin
writeln(‘not a hello world’);
end.

§  WRITE dan WRITELN dapat menerima:
§  Argumen bertipe dasar, jumlah argumen bisa lebih dari satu.
§  Suatu ekspresi
§  Tanpa argument




2.   Jenis-jenis operator pascal
   
§  Operator Assignment
§  Operator Aritmatika
§  Operator String
§  Operator Perbandingan / Relasional
§  Operator Logika / Boolean
§  Operator Bitwise
§  Operator Set / Himpunan
§  Operator Address (Pointer)


Operator Assignment
Operator assignment adalah operator yang digunakan untuk memberikan nilai ke dalam suatu variabel. Di dalam pascal hanya terdapat 1 operator assignment, yakni ‘:=’.
Operator
Penjelasan
Contoh
:=
Pemberian nilai (Assignment)
 a := “belajar pascal di duniailkom”


Operator Aritmatika
Operator aritmatika adalah operator yang biasa kita temukan untuk operasi matematika. Berikut jenis-jenis operator aritmatika di dalam pascal:
Operator
Penjelasan
Contoh
+
Penambahan
2 + 3 = 5
Pengurangan
5 – 2 = 3
*
Perkalian
2 * 3 = 6
/
Pembagian (real/pecahan)
14 / 4 = 3.5
div
Pembagian (integer/angka bulat)
14 div 4 = 3
mod
Sisa hasil bagi
14 mod 4 = 2
Operator Aritmatika Unary
Operator
Penjelasan
Contoh
+
Positif (plus)
+5
Negatif (min)
-3


Operator String
Di dalam pascal, hanya terdapat 1 jenis operator string, yakni tanda tambah ‘ + ’ yang digunakan untuk menyambung string (concatenated).
Operator
Penjelasan
Contoh
+
Pengambungan (concatenate )
 “belajar pascal” + “di duniailkom”


Operator Perbandingan / Relasional
Operator perbandingan digunakan untuk membandingkan 2 buah angka, apakah angka tersebut sama besar, lebih kecil, lebih besar, dll. Nilai dari operator perbandingan ini adalah True atau False (boolean).
Operator
Penjelasan
Contoh
=
Sama dengan
5 = 5 -> True
<> 
Tidak sama dengan
5 <> 5 -> False
> 
Lebih besar
5 > 6 -> False
< 
Lebih kecil
5 < 6 -> True
>=
Lebih besar atau sama dengan
5 >= 3 -> True
<=
Lebih kecil atau sama dengan
5 <= 5 -> True


Operator Logika / Boolean
Operator logika digunakan untuk menghasilkan nilai boolean true atau false dari 2 kondisi.
Operator
Penjelasan
Contoh
and
Akan menghasilkan TRUE jika kedua operand TRUE 
TRUE and FALSE, hasilnya: FALSE
or
Akan menghasilkan TRUE jika salah satu operand TRUE 
TRUE or FALSE, hasilnya: TRUE 
xor
Akan menghasilkan TRUE jika kedua operand berbeda
TRUE xor FALSE, hasilnya: TRUE 
not
Akan menghasilkan TRUE jika operand FALSE
not TRUE , hasilnya: FALSE


Operator Bitwise
Operator bitwise mirip dengan operator logika / boolean, tapi dilakukan di level bit.
Operator
Penjelasan
Contoh
not
Bitwise NOT
not 1100, hasilnya: 0011
and
Bitwise AND
1100 and 0101, hasilnya: 0100
or
Bitwise OR
1100 and 0101, hasilnya: 1101
xor
Bitwise exclusive OR
1100 xor 0101, hasilnya: 1001
shl
Bitwise shift left
0100 shl 1, hasilnya: 1000
shr
Bitwise shift right
0100 shr 1, hasilnya: 0010
<< 
Bitwise shift left
0100 << 1, hasilnya: 1000
>> 
Bitwise shift right
0100 >> 1, hasilnya: 0010


Operator Set / Himpunan
Operator set khusus digunakan untuk tipe data set (himpunan).
Operator
Action
+
Union
Selisih (Difference)
*
Irisan (Intersection)
>< 
Selisih simetri (Symmetric difference)
<=
Beranggotakan (Contains)
include
Menambahkan element baru
exclude
Mengeluarkan element baru
in
Cek apakah ada di dalam himpunan


Operator Address (Pointer)
Operator address khusus digunakan untuk tipe data pointer. Berfungsi untuk mencari alamat memory dari sebuah variabel.
Operator
Penjelasan
Contoh
@
Menampilkan alamat memory sebuah variabel
@nama_variabel
^
Menampilkan nilai variabel dari alamat memory
nama_variabel^

3.– INPUT
Perangkat input adalah (masukkan) perangkat masukan unit komputer yang berkerja memberikan proses perintah secara langsung dengan menghasilkan berupa informasi secara terjemahan digital kepada para pengguna
Berbagai contoh dan macam-macam alat perangkat keras yang merupakan alat input terdiri dari beberapa kegunaan tersendiri, seperti :
1.Mouse
Mouse adalah perangkat keras input yang berfungsi untuk menggerakkan pointer di layar monitor. Tanpa adanya mouse di sebuah komputer mungkin tidak akan berjalan dengan semestinya, dan mouse sangat bermanfaat digunakan di tampilan sistem operasi yang berbasis grafis
2.KeyBoard
Keyboard adalah termasuk perangkat keras input komputer yang berfungsi untuk perintah memasukkan angka, huruf, karakter lainnya pada sistem operasi komputer. Tak jarang juga keyboard dikenal dengan istilah papan ketik komputer
3.JoyStick
Joystick adalah perangkat input komputer yang umumnya berfungsi melengkapi untuk memainkan sebuah permainan di computer
-TIPE DATA
Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Contoh tipe data dalam dunia nyata adalah bilangan bulat.


Jika sebuah data, misalnya umur harus berupa bilangan bulat maka dapat dipastikan bahwa 25, 13, 7 dapat menjadi nilai umur, sedangkan angka yang menggunakan koma seperti 7.5, 19.655 bukan merupakan contoh dari nilai umur.

Contoh Tipe Data Dasar

1. Integer (bilangan bulat)





Integer adalah tipe data dasar berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. Tipe data ini juga memiliki urutan, sehingga dapat dibandingkan satu dengan lainnya.

Contoh integer:

·         2
·         5
·         -10
·         135
·         2008


Secara teoritis, tipe data integer tidak memiliki batasan, yaitu dari minus tak hingga hingga plus tak hingga. Namun dalam pemrograman yang menggunakan bahasa pemprograman C++, secara umum dikenal beberap macam tipe data integer, yaitu:


2. Real (bilangan riil)





Real adalah tipe data dasar berupa bilangan yang memiliki pecahan desimal. Dalam pemrograman, nilai dengan tipe data ini harus ditulis dengan sebuah titik sebagai pemisah bilangan utuh dan bilangan pecahannya.


Tipe data ini digunakan untuk perhitungan yang melibatkan bilangan pecahan, seperti perhitungan kosinus, akar persamaan, dan sebagainya. Tipe data ini juga memiliki urutan, sehingga dapat dibandingkan satu dengan lainnya.

Contoh real:

·         0.5
·         0.17
·         -3.465
·         92.0
·         4.3000+E9


Secara teoritis, tipe data real juga tidak memiliki batasan, yaitu dari minus tak hingga hingga plus tak hingga. Namun dalam pemrograman, secara umum dikenal beberapa macam tipe data real, yaitu:


Nilai pada tabel diatas berbeda dengan nilai yang ada pada tabel tipe data integer, pada tabel diatas nilai untuk tipe data merupakan tingkat ketelitian untuk masing-masing tipe data, bukan berdasarkan rentang nilai.


3. Char (karakter)

Char adalah tipe data dasar yang terdiri atas satu buah angka, huruf, tanda baca atau karakter khusus. Untuk menyimpan sebuah karakter, diperlukan 1 byte atau 8 bit tempat didalam memori.


Dalam sebuah program, penulisan tipe data char diawali dan diakhiri dengan tanda kutip ganda. Selain itu, terdapat sebuah karakter kosong yang disebut dengan null atau nil dan dituliskan sebagai "".

Contoh char:

·         "5"
·         "A"
·         "?"
·         "+"
·         "$"


Perhatikan bahwa 5 adalah integer sedangkan "5" adalah char.


4. String

String adalah tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Meskipun berupa kumpulan karakter, karena tipe data string sering digunakan dalam pemrograman, string dianggap sebagai tipe data dasar.


Untuk penyimpanan string didalam memori, dibutuhkan 1 byte untuk tiap karakternya. Serupa dengan penulisan karakter, penulisan sebuah string juga harus diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda. String juga mengenal null yang dituliskan dengan "".

Contoh string:

·         "BANDUNG"
·         "Politeknik Telkom Bandung"
·         "ABC3456"
·         "Lucu"
·         "30202001"
·         "z"


Perhatikan bahwa sebuah karakter tunggal ("z") juga merupakan string.


5. Boolean (bilangan logika)

Sebuah data boolean memiliki tepat dua buah kemungkinan nilai, direpresentasikan sebagai Benar dan Salah, atau True dan False, atau dapat juga dilambangkan dengan 1 dan 0. Tipe data ini dapat digunakan untuk pemilihan dengan kondisi-kondisi tertentu, dimana program harus memilih aksi apa yang akan dijalankan dengan parameter tertentu.

Tipe data ini paling sering digunakan untuk range yang memiliki dua buah nilai:

·         Lulus - tidak lulus.
·         Member - bukan member.

-VARIABEL
Pengertian Variabel

Variabel atau peubah adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Pada saat sebuah variabel dideklarasikan, program "memesan" tempat dengan ukuran tertentu (sesuai tipe datanya) pada memori untuk menyimpan nilai dari variabel tersebut.


Pemrogram dapat memberikan nama pada sebuah variabel untuk mempermudah pemanggilan variabel tersebut di dalam program. Pada saat mendeklarasikan sebuah variabel, pemrogram harus menyebutkan nama variabel dan tipe data dari variabel tersebut.

Dalam bentuk flowchart, deklarasi variabel digambarkan sebagai sebuah proses. Misalnya sebagai berikut:

x : integer
nama : string
tinggiBadan: real
Contoh deklarasi variabel dalam psedeucode :
KAMUS DATA {awal deklarasi variabel}
    x : integer
    nama: string
    tinggiBadan: real
    jenisKelamin : char
   status : boolean

Sebelum kita menuliskan beberapa program dalam bahasa C++, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu struktur dan format penulisan program dalam bahasa C++.
// Contoh Program C++

#include <stdio.h>
/* Program Utama */
main() {
    printf ("Hello World !");
    return 0;
    }

4 . Algoritma runtunan ini adalah proses yang dilakukan secara beruntun dari langkah 1 sampai langkah n, atau langkah akhir. Tiap barisnya hanya dikerjakan satu-persatu tanpa ada loncatan atau perulangan, dilakukan sekali tiap instruksi.


Algoritma pembuatan Nasi Goreng
1.Dalam wajan, panaskan 5 sendok makan minyak dengan api sedang2.

2.Tumis bumbu yang telah di haluskan hingga harum3.

3.Masukkan nasi dingin, Aduk rata4.

4.Masukkan saos tomat dan kecap manis, Aduk hingga rata5.


5.Angkat, siap di hidangkan dengan bahan pelengkap.
 
5. ·  Algoritma Perulangan (Looping Algorithm)Looping algorithm atau algoritma perulangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu secara berulang-ulang atau looping. Pada masalah yang kita hadapi, ada pula sebuah langkah yang harus kita lakukan secara berulang-ulang. Contoh dari algoritma looping ini adalah algoritma menjemur pakaian: 

1) Siapkan jemuran.
2) Ambil satu pakaian yang nantinya akan dijemur.
3) Peras pakaian tersebut terlebih dahulu.
4) Letakkan pakaian tersebut pada tiang jemuran.
5) Ulangi langkah dari 2 sampai 4 hingga pakaian habis.
 

6 -baca nama dan nilai siswa.
     -jika nilai >= 60 maka
     -keterangan = lulus
     -tetapi jika
     -keterangan = tidak lulus.
     -tulis nama dan keterangan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFRASTUKTUR JARINGAN KOMPUTER

Nama     : Ekariyanto                    FAKHRURROZI Kelas       : XI-TKJ1 Tangga; : 05/09/2018 JOB KE : 03 ...