|
Nama :FAKHRURROZI
Kelas : X TKJ 1
Tanggal : 08-01-2018
Job Ke :1
|
JUDUL
|
NILAI
|
|
DESAIN GRAFIS
|
|
|
|
TUJUAN
|
||
1 1.) Siswa Mampu memahami pengertian tentang
desain grafis
2 2.) Siswa mampu mengetahui tentang
kategori desain grafis
3 3.) Siswa mampu membedakan macam-macam
program pengolah grafis
4 4.) Siswa mampu memahami kriteria yg
harus dimiliki seorang desainer grafis
|
ALAT
DAN BAHAN
|
1. 1 Set PC
2. Software desain grafis
3. 1 bh TP-Link
|
TUGAS
|
1. Carilah Pengertian Desain grafis
menurut bebrapa tokoh desain grafis(minimal 5 org tokoh) ?
2. Cari Contoh Beberapa kategori desain
grafis dan jelaskan ?
3. Sebutkan dan jelaskan kriteria apa
saja yg harus dikuasi oleh seorang desainer grafis(minimal6) ?
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis
program pengolahan grafis/grafis dan berikan contohnya(minmal6) ?
5. Sebutkan dan jelaskan jenis format
file gambar/grafis yg digunakan dalam desain grafis(minmal7) ?
6. Cobalah buat brosur untuk
mempromosikan sekolah kalian ?
Jawaban:
1 .-Menurut Suyanto, desain grafis
didefinisikan sebagai “aplikasi keterampilan seni dan komunikasi untuk
kebutuhan bisnis dan industri”.
Aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan
identitas visual industri, produk dan perusahaan dan lingkungan grafis, desain
informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
- Jessica Helfand dalam situs www.aiga.com mendefinisikan
desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka
dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari
seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga
mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan
atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
- Danton
Sihombing desain grafis
mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang
divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi
ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat
visual dan perangkat komunikasi.
- Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi
visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual
dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
- Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni
komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam
menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
2.1. Printing
(Percetakan)
Percetakan
adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar,
terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia
merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.
Printing sendiri memuat memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet,
flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.
2. Web Desain
Web
desain adalah istilah umum yang digunakan mencakup bagaimana isi web konten
ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke
pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan sebuah browser web
atau perangkat lunak berbasis web. Tujuan dari web design adalah untuk membuat
website—sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada
server web / server.
3. Film
beberapa
kegiatan, antara lain, konsep visual, story board, tittle & credits,
spesial effect, stage design, sampai ke materi promosi berupa spanduk, poster
film, iklan dan juga materi hasil produksi berupa VCD atau DVD dari film
tersebut.
4. EGD (Environmental Graphic Design),
Identifikasi (Logo)
Kedua
bidang (EGD dan Logo) merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis,
desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk
Desain
produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu
dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan
hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak
ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain
Industri.Jangka waktu perlindungan untuk desain industri adalah 10 tahun
terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan Desain Industri ke Kantor Ditjen
Hak Kekayaan Intelektual.
3.1. IMAJINASI
Imajinasi adalah kemampuan berkhayal. sobat harus mampu
memvisualisasikan proyek sebelum dibawa kedalam lembar kerja. mencari ide lewat
bayangan - bayangan imajinasi. semakin tinggi khayalan maka semakin banyak ide
kreatif yang bisa didapatkan. padukan beberapa aspek tertentu didalam ruang
khayal sobat untuk menjadikannya konsep.
2.
SKETSA
Sketsa termasuk kemampuan paling dasar yang harus dimiliki
desainer. ketika sobat sudah memiliki
ide bentuk, maka sketsa berperan penting untuk menggambarkan visual kasar dari
desain kita. entah itu proyek membuat logo atau yang lainnya.
3.
ESTETIKA
Dalam hal ini, desainer dituntut menyajikan keindahan dalam hal
apapun. Banyak keindahan yang terabaikan dalam keseharian manusia, namun ketika
anda hadir, buatlah mereka sadar bahwa semua ini hanya butuh sentuhan hangat
untuk menjadikannya menarik. Pelajari segala sesuatu yang membentuk keindahan
itu sendiri.
4.
SOFTWARE
Mengetahui beberapa program yang bias membantu proyek sobat.
Contohnya Adobe Illustrator, Corel Draw, Photoshop dll. Jangan berpatokan dalam
satu aplikasi desain. Dalam proyek desain grafis, banyak bentuk yang akan hadir
dalam perancangan sobat nanti, jadi pelajarilah aplikasi yang bias
menggambarkannya.
5.
KONSEP DASAR DESAIN GRAFIS
Sobat harus tahu dasar konsep dasar desain grafis. Dalam hal ini,
bagaimana kita melakukan perancangan yang terkonsep dengan baik. Contoh, sebuah
logo untuk brand sebuah took kayu, pastilah perpaduan komponen yang harus sobat
jadikan pendekatan adalah hal – hal yang masih berkaitan dengan took kayu
tersebut ( saya perkecil menjadi kayu ). Maka batasan ide akan tercipta.
6.
KERJA KERAS
Sifat dasar manusia yang ingin sukses adalah kerja keras. Tolak
ukur kesuksesan seorang desainer dapat dilihat dari kerasnya perjuangan untuk
mencapainya. Dalam hal ini, tak ada pilihan menyerah sebelum proyek desain kita
selesai semaksimal mungkin. Berikan yang terbaik ada user, untuk pengalaman
terbaik dalam portofolio kita.
4. 1. Aplikasi
Pengolah Gambar Vektor/Garis
Program
yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam
bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.
Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa
garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
1.
Adobe Illustrator
2.
Beneba Canvas
3.
CorelDraw
4.
Macromedia Freehand
5.
Metacreations Expression
6.
Micrografx Designer
2.Aplikasi
Pengolah Bitmap/Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan
untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang
diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa
titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar
dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan
warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
1.
Adobe Photoshop
2.
Corel Photo Paint
3.
Macromedia Xres
4.
Metacreations Painter
5.
Metacreations Live Picture
6.
Micrografx Picture Publisher
7.
Microsoft Photo Editor
8.
QFX
9.
Wright Image
10.
Pixelmator
11.
Manga studio
12.
Gimp
3.Aplikasi
Pengolah Audio Visual
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan
untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti
karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini.
Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan
peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang
termasuk dalam kategori ini adalah:
1.
Adobe After Effect
2.
Adobe Premier
3.
Final Cut
4.
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
5.
Ulead Video Studio
6.
Magic Movie Edit Pro
7.
Power Director
4. Aplikasi Pengolah Gambar Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
- Adobe
Illustrator
- Beneba
Canvas
- CorelDraw
- Macromedia
Freehand
- Metacreations
Expression
- Micrografx
Designer
4. Aplikasi Pengolah Bitmap/Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo
Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations
Painter
- Metacreations
Live Picture
- Micrografx
Picture Publisher
- Microsoft Photo
Editor
- QFX
- Wright Image
- Pixelmator
- Manga studio
- Gimp
- Aplikasi
Pengolah Audio Visual
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah: - Adobe After
Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash,
atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video
Studio
- Magic Movie
Edit Pro
- Power Director
5.a) PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop.
Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada
sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.
Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna
yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika
ingin mengeditnya kembali.
b) BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk
platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini
mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit.
Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada
kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop
wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat
mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini mampu
menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.
c) EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk
keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini
sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar.
Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga
format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.
Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha
channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini
ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini mampu menyimpan
gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color,
serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.
d) JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas
sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk
menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia,
dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan
mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha
channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini
berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.
e) GIF (Graphic Interchange Format)
Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung
mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan
format standar untuk publikasi elektronik dan internet.
Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan
dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik.
Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.
f) TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32
bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar
platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic).
Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan
sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi
pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file
bitmap juga mampu membaca format file TIF.
g) PCX
Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft
Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir
semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini.
style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align:
justify;">
Format file ini mampu menyimpan informasi bit
depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format
file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmap dan
Indexed Color.
6
|
TamanSiswa
2 Jakarta Pusat
Jurusan
-Teknik Komputer Dan Jaringan -Teknik Pmesinan -Rekayasa Perangkat Lunak -Teknik Kendraan Ringan -Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Fasilitas
-Ruang Praktek -Lapangan -Gedung 4 lantai -Lahan Parkir
Eskul
-Futsal -hadro -Voly -Merpati Putih -Tekwondo -Karate |

Tidak ada komentar:
Posting Komentar